Jumat, 19 Juni 2015

Cake Tape Keju

Bismillah...
Mungkin di blog ini sudah ke 3xnya saya upload tentang kue ini, tapi sebenarnya sudah banyak kali saya buat kue ini. Kebetulan waktu mudik kemarin itu saya dikasih oleh-oleh saya ibu saya tape 2kg^^ banyak amat hiks..Alhamdulillah dikasih rejeki sama Allah lewat ibu saya tape hehehe.. Waktu itu saya sempet bilang sama ibu saya "wah..cocok ni buat cake tape keju" eh, sorenya ada saudara yang memang tiap sore ke rumah membantu ibu saya dan membantu ibunya (budhe saya) membungkus bongko dan bothok makanan khas desa yang dijual ibu saya ke mlijo bilang "hari rabu aku mau main ke rumahmu, dibuatkan kue ya? di FB yang di pajang makanan saja" hehehe beres, takbuatkan cake tape keju ya, ini ibu kasih oleh-oleh tape jawabku. Selasa malam ku luangkan waktu buat ini, karena selama ada di Malang hari ini baru ke 2xnya saudara saya ini ke rumah. Pertama waktu datang dari Kalimantan & yang ke dua hari rabu kemarin. Yah..karena kesibukan masing-masing jadi kami jarang bersua, hanya bisa bersua di dunia maya atau pas ke rumah orangtuaku kalau lagi buat makanan yang dijual. Kalau pas ibu libur, yah pada libur semua^^merehatkan badan dirumah masing-masing.



Sebelumnya kita persiapkan dulu tape dan susunya, diaduk jadi satu seperti contoh dibawah sambil mixer telor dan gula soalnya kue ini menurut saya gak bisa didiamkan menunggu lama kalau sudah selesai proses harus segera masuk oven.


Keju juga di parut dulu, keju ini untuk ukuran saya tidak selalu sama, tergantung kondisi keju yang saya miliki ^^ bisa 100gr  bisa juga sampai 150 gr ^^ kalau semua siap tinggal cemplung-cemplung aja hehehe..  menghemat waktu juga sih karena kerja gak satu-satu,  mixer sama siapin bahan untuk tepungnya jangan lupa diayak ya karena meski tepung kelihatan lembut kadang ada yang bergerindil besar-besar so biar rata juga sama baking powder. 



Tapi yang utama disiapkan setelah pasang mixer adalah margarin...ya margarin..kenapa harus margarin? karena dilelehkan maka margarin akan panas, maka biar gak panas cuman hangat-hangat kuku saja didahulukan ya...untuk apinya saya menggunakan api yang paling kecil dan cepat di matikan kalau sudah cair semuanya dan sisihkan.

Bahan:
-400gr tape singkong (saya pakai 350gr)
-1sdt baking powder
-5butir telor (saya pakai 4telor)
-200gr gula pasir
-200gr mentega di cairkan
-200gr tepung terigu (saya pakai yang sedang)
-4sdm skm
-Keju secukupnya (saya pakai kira2 80gram)

Cara membuat:
-Tepung terigu dan baking powder diayak terlebih dahulu, sisihkan.
-Tape singkong dan skm dihaluskan, sisihkan.
-Kocok telor dan gula pasir samapi putih dan mengembang.
-Masukkan tepung terigu aduk rata.
-Masukkan tape yang sudah halus, aduk rata.
-Maukkan mentega yang sudah dicairkan, aduk rata sampai berwarna kuning keemasan.
-Masukkan keju parut 1/3 atau lebih, aduk rata.
-Taruh adonan dalam loyang yang sudah diolesi mentega, taruh sisa keju parut diatas adonan.
-Panggang dalam oven kurang lebih 45m dengan suhu 190c.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar