Kamis, 29 September 2016

Brownies Pisang

Brownies pisang resep dari mbak Endang Justtryandtaste memang super duper moist & saya bikin 2 resep langsung tapi saya modif karena menyesuaikan stok dapur...foto didapur malam-malam jadi burem heehee tak apalah yang penting eeenak :D

Bahan:
- 150 gram dark cooking chocolate (DCC), cincang kasar
- 150gram gula pasir
- 80 gram mentega/margarine
- 1 sendok teh vanilla extract (skip karena tidak ada)
- 2 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
- 255 gram pisang ambon/cavendish/raja
- 60 gram tepung terigu serba guna/protein sedang
- 1 sendok teh baking powder double acting
- 40 gram coklat bubuk, gunakan yang berkualitas baik
- 1/4 sendok teh garam halus (lupa gak ngasih :D )

Siapkan loyang, olesi bagian dalam loyang dengan margarine dan taburi dengan tepung, balikkan dan ketukkan untuk membuang sisa kelebihan tepung. Sisihkan.

Lumat pisang dengan garpu hingga hancur.

Panaskan oven, set di suhu 170’C api atas bawah jika menggunakan oven listrik. Jika menggunakan oven gas, gunakan api bawah saja. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Sesuaikan suhu dengan oven anda masing-masing, karena beda merk oven bisa berbeda suhunya.

Aduk jadi satu tepung terigu, baking powder, coklat bubuk, dan garam halus. Sisihkan.

Siapkan mangkuk tahan panas (alumunium/kaca tahan panas), masukkan dark cooking chocolate, gula pasir dan mentega/margarine. Letakkan mangkuk diatas panci kecil berisi air, jaga jangan sampai mangkuk berisi coklat menyentuh air.

Panaskan panci dengan api kecil hingga coklat meleleh, aduk-aduk hingga coklat, mentega dan gula tercampur. Tidak masalah jika gula pasir tidak larut. Angkat mangkuk dari panci, biarkan setengah dingin.

Masukkan vanilla extract, dan telur kocok, aduk dengan balloon whisk hingga tercampur baik. Tambahkan pisang, aduk rata.

Masukkan ½ bagian campuran tepung terigu dengan cara diayak langsung diatas adonan pisang, aduk balik adonan menggunakan spatula dengan gerakan cepat dan ringan hingga tercampur baik. Tambahkan sisa tepung, aduk rata. Jangan berlebihan mengaduk, karena akan membuat tekstur brownies menjadi keras.

Tuangkan adonan ke loyang.

Panggang selama 30 menit hingga permukaan kue tampak mengeras. Tes dengan menusukkan lidi di tengah brownies, jika tidak ada adonan yang menempel maka kue telah matang.

Keluarkan dari oven, biarkan selama 5 menit untuk menghilangkan uap panasnya. Balikkan brownies ke rak kawat dan biarkan hingga benar-benar dingin sebelum dipotong.

Brownies tahan 4 hari lamanya di suhu ruang atau 1 minggu di chiller kulkas dalam wadah tertutup rapat. Super yummy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar