Senin, 15 September 2014

Kaldu Ayam

Terinspirasi dari Bu Endang di bloq just try and taste, saya buat tapi dengan tulang ayam (sedikit dagingnya) sekitar 250gr tapi saya bumbu sama sengan resep bu Endang cuman sedikit saya kurangi kapasitasnya karena punya saya cuman sedikit. Bisa jadi sekitar 120ml, lumayan lha dan buat masak jadi lebih nampol lagi hehehe.

Berikut resepnya bu Endang JTT & siapa tahu ada yang mau mencobanya ^^

Homemade Kaldu Daging
Resep diadaptasikan dari Serious Eats, The Food Lab - The Best Wonton Soup

Untuk 2 liter kaldu

Bahan:
- 2 kg tulang sapi, potong-potong menjadi ukuran yang muat masuk ke dalam panci
- 4 buah sayap ayam
- 500 gram tulang belulang ayam (seperti bagian punggung dan belakang ayam)
- 1 buah bawang bombay, belah menjadi 4 bagian
- 5 siung bawang putih, pipihkan
- 4 tangkai daun bawang, potong sepanjang 3 cm
- 2 liter air untuk merebus, tambahkan jika air berkurang selama perebusan

Cara membuat:
Siapkan panci, ukurannya cukup besar untuk menampung semua bahan yang akan anda rebus. Masukkan tulang belulang sapi dan ayam. Tambahkan air hingga semua bahan terendam dan rebus dengan api sedang hingga air mendidih. Akan tampak busa dan kotoran yang mengapung di permukaan air rebusan. Biarkan 1 hingga 2 menit bahan terebus. Angkat.

Note: anda tidak merebusnya hingga matang dan empuk, hanya hingga air mendidih saja.

Buang air rebusan dengan menyaringnya menggunakan wadah berlubang.
Cuci satu persatu tulang belulang dengan air mengalir untuk membuang sisa-sisa kotoran yang menempel. Masukkan kembali ke dalam panci. Tambahkan air  hingga semua bahan terendam. Masukkan semua rempah.

Rebus dengan api kecil minimal selama 4 jam hingga kaldu berwarna kuning keemasan dan kental. Jika air berkurang tambahkan kembali air hingga 2 liter tercapai. Kaldu tidak perlu diaduk-aduk selama proses perebusan.  Angkat dan diamkan hingga kaldu dingin.

Anda bisa mengurangi lemak di kaldu dengan memasukkannya ke dalam kulkas (chiller) hingga lemak tampak membeku dan mengapung di permukaannya. Saring kaldu dan buang lemaknya. Masukkan kaldu ke dalam plastik-plastik kecil atau ice tray untuk membuat es batu. Bekukan di freezer dan siap digunakan setiap saat anda membutuhkan kaldu untuk menyedapkan aneka masakan.  Yummy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar