Kamis, 23 Oktober 2014

Cream Cheese

Hari sabtu bikin cream cheese homemade, kalau beli jadi kan mahal pastinya  untuk menghemat kantong biar gak tipis jadi buat sendiri deh....maknyus lho creamnya
Kalau pemilik resep ini (mbak Rani Fadilla) menyebutnya CCG atau Cream Cheese Gadungan  lucu ya namanya  oke langsung ke resep ya ^^



Untuk membuat CCG ini, ada rumusnya lhooo..
Susu : Butter : Keju = 3 : 1 : 3.
Cara menghitung kebutuhan cream cheesenya adalah sebagai berikut:
1. Bagi jumlah cream cheese dalam resep dengan 7, lalu kalikan hasilnya dengan koefisien 3 : 1 : 3.
* Misalnya di resep minta 400 gr cream cheese, maka
-----> 400 : 7 = 57,1428571.
-----> Susu = 3 x 57,1428571
= 171,428571.
-----> Butter = 1 x 57,1428571= 57,1428571.
-----> Keju = 3 x 57,1428571
= 171,428571.
‪#‎Sumber‬: Ci' Shirley @Dapur Solia.
2. Untuk memudahkan penimbangan, hasil yang didapat boleh dibulatkan
ke atas atau kebawah.
* Dari hasil hitungan diatas, untuk cream cheese sebanyak 400 gr, dibutuhkan 175 ml susu cair + 50 gr butter + 175 gr keju parut.
3. Umumnya CCG dibuat menggunakan keju cheddar batangan yang dijual dalam kemasan. Biasanya per kemasan yang umum dijual
beratnya 180 gr, maka supaya penggunaan keju tidak bersisa, bisa menggunakan 1 pack utuh (180 gr) keju cheddar tersebut. Dan untuk menyeragamkan ukuran, maka susu yang dipakai 180 ml susu cair. Sedangkan untuk butter, sesuai resep adalah 1/3 bagian susu & keju, maka jumlahnya bisa menjadi 50 gr saja (pembulatan ke bawah dari 57 gr. Kenapa tidak 60 gr? Mengingat dalam resep sudah ada susu cair & supaya CCG memiliki kekentalan yang bagus, maka butter dibutuhkan sedikit saja karena nanti butter akan mencair saat dipanaskan). Jadi misal untuk 400 gr cream cheese di resep, kita bisa buat dari komposisi 180 gr keju parut + 50 gr butter + 180 ml susu cair.
4. Setelah memperoleh takaran bahan2, selanjutnya campur ke 3 bahan tersebut jadi satu dan masak diatas api kecil sampai mentega meleleh, tapi jangan sampai susu mendidih. Biarkan hangat.
5. Kadang keju cheddar parut belum meleleh sempurna, agar CCG menjadi smooth (halus teksturnya), maka haluskan adonan CCG dengan food processor (atau pakai blender) sampai mulus.
CCG siap digunakan sesuai kebutuhan resep atau bisa juga digunakan sebagai keju oles untuk roti, pizza, layer filling untuk cake, topping donat, dsb.

Rabu, 22 Oktober 2014

Bolu Cokelat

Bolu Cokelat
Meski kondisi kurang vit, lihat anak gak ada bekal untuk sekolah ya harus tetap berkarya hehehe karena si kecil tiap pagi sarapan nasi dan gak mungkin juga bawa bekal nasi 
Kali ini mencoba bereksperimen dengan cara mixer terpisah antar putih dan kuning telornya Alhamdulillah berhasil dan lembut 
Bahan: 
100 gram tepung terigu
50 gram coklat bubuk
200 ml susu kental manis
200 gram margarin + 50gr DCC, lelehkan
110 gr gula halus
5 butir telur
10 gr emulsifier
Cara membuat:
-Kocok kuning telur, gula pasir dan emulsifier hingga mengembang. --Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk dan diaduk rata.
-Masukkan skm, margarin dan DCCleleh sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
-Mixer putih telor dengan kecepatan tinggi sampai kaku kira-kira 2menit campur ke adonan & aduk ratakan.
-Tuangkan dalam loyang yang telah dioles margarin dan dialasi dengan kertas roti. Kukus selama 40 menit atau sampai matang.

Senin, 20 Oktober 2014

Japanese Cheese Cake

Japanese Cheese Cake

Setelah tadi malam buat cream cheese homemade akhirnya tadi pagi ba'da shubuh buat juga Japanese Chesee Cake ini dengan resep bu Endang JTT. Setelah kemarin-kemarin berhemat ria kini saatnya pembalasan  dengan proses bain marie hasilnya semakin membuat cake ini lembuut banget sebenarnya bisa di oven dengan biasa tanpa bain marie tapi hasilnya lebih moist pakai metode bain marie...nyum nyum  nyummy

#monggo sarapan

Bahan:
- 160 gram cream cheese, bisa dibeli di supermarket besar (Carefour, Giant) di bagian dairy product.
- 25 gram mentega/margarine
- 120 gram susu cair (jika hanya memiliki susu bubuk maka larutkan 2 sendok makan susu bubuk dengan 120 ml air)
- 40 gram tepung terigu protein sedang atau rendah (Mis. Kunci Biru atau Segitiga Biru Bogasari)
- 30 gram tepung maizena
- 4 kuning telur
- 4 putih telur
- 1/4 sendok teh cream of tartar
- 100 gram gula pasir
- seujung kuku garam

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 160'C, letakkan rak pemanggang di tengah. Siapkan loyang bongkar pasang. Olesi dengan mentega dan taburkan tepung pada permukaannya. Bungkus rapat bagian luar loyang dengan menggunakan alumunium foil. Sisihkan.

Masukkan cream cheese, mentega dan susu cair.Letakkan mangkuk berisi cream cheese diatas panci berisi air ini, jangan sampai dasar mangkuk menyentuh air di panci. Panaskan di atas kompor sambil cream cheese diaduk-aduk menggunakan spatula balon hingga meleleh, tercampur rata dan kental. Jika telah tercampur baik, segera angkat dari kompor.

Masukkan tepung terigu dan tepung maizena ke dalam adonan cream cheese, aduk rata dengan cepat sehingga menjadi adonan yang smooth dan bebas gumpalan. Biarkan adonan hangat sebelum memasukkan kuning telur.

Jika adonan cream cheese telah tidak terlalu panas,
masukkan kuning telur, aduk rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan putih telur, kocok dengan speed tinggi hingga berbusa, kira-kira 2 menit. Tambahkan cream of tartar, kocok hingga mengembang, kemudian masukkan gula pasir secara bertahap.  Bagi gula menjadi 3 tahapan dan pastikan gula tercampur baik sebelum menambahkan porsi gula berikutnya. Kocok hingga putih telur terlihat mengkilap dan kaku, ketika di sendok menggunakan spatula terbentuk puncak yang kaku dan bertahan. Matikan mikser.

Masukkan putih telur bertahap ke dalam adonan tepung, aduk dengan teknik aduk balik, jika telah tercampur baru tambahkan porsi kocokan putih telur berikutnya. Dengan menambahkan secara bertahap maka putih telur lebih mudah tercampur di adonan dan tidak bergumpal-gumpal. Jika telah tercampur rata, tuangkan ke dalam loyang yang telah disiapkan.

Masukkan loyang berisi adonan ke loyang lainnya yang berukuran lebih besar, tuangkan air panas dengan hati-hati di loyang bagian bawah kira-kira 1/4 tinggi loyang. Panggang cake selama 45- 50 menit atau hingga cake terlihat mengeras dan berwarna coklat keemasan. Keluarkan dari oven  dan angkat loyang cake dari air.

Note: Jika permukaan cake terlihat kecoklatan sementara bagian dalam belum matang, tutup permukaan loyang dengan alumunium foil dan lanjutkan memaggang.

Biarkan sebentar agar cake agak mendingin kemudian sisiri tepi cake dengan pisau tajam agar cake benar-benar lepas dari loyang. Lepaskan loyang bongkar pasang.

Dompet Doily

Buat dompet mini untuk uang coin dan ternyata polanya tidak begitu susah akhirnya jadi deh ^^

Kamis, 16 Oktober 2014

Roti bakar

Kali ini bekal Ilma sekolah adalah roti bakar telor, meisis dan susu^^ tapi rotinya kali ini gak buat sendiri tapi pakai merk Indo**rt hahaha...3hari berturut-turut Ilma bawa bekal ini cuman isi dan topingnya aja yang beda hmmm so nyummy..
Ini bekal Ima beberapa hari minggu kemarin.


Brownies Kopi Tanpa Telor

kemarin bikin donat tanpa telor, sekarang bikin lagi yang hemat juga tapi tetap bisa buat bekal ilma sekolah  Brownies tanpa telor, biasanya kalau brownies identik dengan telor banyak  tapi karena edisi hemat ya coba buat lagi yang tanpa telor, monggo 
Sudah 2x ini pakai resep mbak Rina Audie.

Brownies kopi tanpa telor
Bahan :
1/2 sdt kopi hitam
50 ml air mendidih
200 ml susu cair
50 gr dark cooking chocolate ( DCC )
150 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus
50 ml minyak goreng
150 gr tepung terigu
25 gr coklat bubuk warna gelap
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
1 sdt cuka/air jeruk nipis/lemon
50 gr almond/kenari panggang untuk taburan (saya lupa nggak pake)
Cara membuat :
1. Campur kopi hitam dan air mendidih. Biarkan sampai hangat/dingin supaya kopinya mengendap. Saring air kopinya dan ukur sebanyak 50 ml, sisihkan.
2. Panaskan susu cair, DCC, gula dan garam dengan api kecil sampai larut. Matikan apinya kemudian masukkan larutan kopi hitam dan minyak goreng. Biarkan hangat.
3. Panaskan oven dengan suhu 170°C. Siapkan loyang persegi ukuran 18x18cm, alasi kertas roti dan olesi margarin, sisihkan.
4. Ayak jadi satu tepung terigu, coklat bubuk, soda kue dan baking powder. Tuangi larutan DCC dan kopi tadi sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata.
5. Masukkan cuka. Aduk cepat supaya rata. Segera tuang ke dalam loyang, ratakan. Taburi almond/kenari.
6. Panggang dalam oven sampai matang ± 30 menit . Lakukan test tusuk.

Selasa, 14 Oktober 2014

Donat Meises

Tadi malam buat donat imut tanpa telor atau kentang, terinspirasi dari mbak Rani Fadilla yang sempat posting. Tetap lembut meski tanpa telor yang penting nguleninnya  kalau ada yang mau nanti saya bantu share resep mbak Rani, kalau punyaku hanya berdasarkan kira2 saja. Ilma selalu saja senang kalau ibunya bikin sesuatu hehehe



Berikut resepnya:
EGGLESS FLUFFY DONUT
By: Rani Fadilla
‪#‎Bahan‬:
- 250 gr tepung protein sedang (segitiga biru).
- 180 ml susu cair hangat.*
- 25 gr gula pasir.*
- 1 sdt ragi instan.*
* Campur jadi satu, aduk rata. Diamkan sampai biang mengembang & berbusa.
- 1/2 sdt garam.
- 25 gr mentega/margarine.
‪#‎Cara_Membuat‬:
1. Campur tepung + larutan biang (*), aduk rata sampai setengah kalis. Tambahkan garam + mentega, aduk rata. Uleni sampai kalis elastis & mulus. Bulatkan.
2. Proofing adonan sambil ditutup selama 30-60 menit sampai mengembang 2x (saya hanya sampai 40 menit, adonan sudah naik)
3. Kempeskan adonan, uleni kira2 10-15 menit sampai lentur kembali. Cetak adonan. Diamkan kurang lebih 20 menit. Di 5 menit terakhir fermentasi kedua, panaskan minyak yang banyak dengan api kecil-sedang.
4. Goreng donat dengan hanya 1x balik setelah satu sisi berwarna keemasan. Angkat, tiriskan. Hias donat setelah sejuk.




Senin, 13 Oktober 2014

Pizza Ayam Keju

Buat pizza 2 loyang  yang 1 loyang matang langsung habis  ini yang seloyang setengah matang di kasih keju mozarella. Sekalian coba paprika hasil panenan sendiri  Hmm rasanya nyummy  hehehe.

Bahan:
250gr tepung (segitiga 112gr sisanya saya pakai cakra)
55gr gula pasir
2sdt butter
3sdt minyak goreng
3gr ragi instan + 1/8sdt gula pasir + air hangat kuku 80ml dicampur tunggu 10mnt
60gr air dingin
1/2buah bawang bombay
180gr keju mozarella
Garam secukupnya

Bahan topping:
1buah paprika (panen sendir :D)
500gr daging ayam giling campur dengan kecap asin dan gula pasir secukupnya
1sdt basil
1sdt oregano
1/2buah bawang bombay
Saos tomat secukupnya
Sedikit merica bubuk
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
campur tepung, gula, ragi instan & air setengah kalis. Masukkan butter, minyak dan garam uleni sampai kalis. Diamkan kurang lebih 30mnt.

Cara membuat topping:
Panaskan minyak goreng kemudian masukkan daging ayam giling setelah ayam matang masukkan semua bahan topping kecuali paprika masak hingga matang.

Adonan pizza buat jadi 2 loyang ratakan. Masukkan sebagian topping & bagi 2 paprika iris2 taruh diatasnya dan bawang bombay diiris ditaruh diatasnya juga. Oven 10mnt ambil pizza dan taburi dengan keju oven lagi 10-15mnt dengan suhu 170derajat celcius

Kamis, 09 Oktober 2014

Bakso Daging

Ini adalah resep dari Bu Endang Just Try and Taste, saya sangat suka sekali dengan resepnya bu Endang ini karena selalu menyajikan step by stepnya. Buat saya yang pemula di dapur sangat membantu sekali ^^
Ilma berapa hari makan bakso mulu hehehe tapi yang tidak seharian full :D maksudnya dalam 1 hari ada menu bakso 1x hehehe

Berikut resep dan cara pembuatannya :) semoga membantu :D

Bahan:
- 500 gram daging sapi, pilih yang bebas lemak sama sekali, potong kubus kecil
- 125 ml air es
- 1 sendok makan kecap ikan
- 2 sendok teh garam (tambahkan jika kurang asin)
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)
- 7  siung bawang putih, haluskan
- 3 siung bawang merah, haluskan
- 1 butir telur
- 2 sendok makan tepung kanji/tapioka
- 1 1/4 sendok teh baking powder, saya pakai double acting
- 1/2  sendok teh baking soda
- 1  sendok teh gula pasir
- 1/2  sendok makan minyak sayur
- 1 sendok teh merica bubuk


Cara membuat:
Siapkan daging sapi, buang lemak-lemak yang melekat. Potong bentuk kubus. Masukkan ke dalam food processor.
Proses hingga daging benar-benar halus dan tidak ada serat yang terlihat sama sekali seperti di gambar. Bagian menghaluskan ini sangat penting, jika daging masih berserat maka akan terbentuk gumpalan saat bakso direbus, membuat bakso berbintil-bintil, tidak mulus dan tidak kenyal.

Tambahkan 5 sendok makan air es, jangan sekaligus ya, tambahkan sesendok demi sesendok sambil daging terus diproses hingga terbentuk pasta yang kental.

Note:  Jika daging masih kasar maka bakso yang dihasilkan akan berbintil-bintil kurang mulus permukaannya. Anda mungkin juga bisa menggunakan blender hanya saja mesin mungkin kurang bisa bergerak dengan baik.

Dalam mangkuk kecil, masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, bawang putih, kaldu bubuk, merica bubuk, bawang merah, telur, tepung tapioka, baking powder, baking soda, gula dan minyak sayur. Aduk hingga rata. Tuangkan larutan ini ke dalam gilingan daging, biarkan sejenak hingga meresap kemudian proses kembali adonan daging hingga bumbu tercampur dengan baik.

Tuangkan adonan daging yang telah dihaluskan ke dalam mangkuk agak besar. Test rasanya dengan merebus 1/2 sendok teh adonan ke dalam air mendidih. Jika masih kurang asin, tambahkan garam atau lebih mudah tambahkan kecap asin dan aduk rata. Kecap asin berbentuk cairan mudah tercampur rata di dalam adonan dibandingkan garam.

Tutup mangkuk berisi adonan daging dengan plastik wrap. Simpan di dalam freezer selama 30 menit.

Rebus panci berisi air hingga mendidih. Ketika air telah mendidih, matikan api kompor. Siapkan mangkuk kecil berisi air es di dekat mangkuk adonan daging yang anda buat, kita memerlukan air es ini untuk membasahkan tangan saat mencetak bakso. Tangan yang basah akan membuat adonan menjadi smooth dan licin sehingga permukaan bakso menjadi  halus dan tidak pecah merekah saat  di rebus. Selain itu juga untuk mencegah adonan menempel di tangan.

Basahkan tangan anda dengan mencelupkannya ke dalam mangkuk air es. Ambil 1 genggam adonan bakso, bentuk adonan agak memanjang dan mulus agar memudahkan anda mencetaknya. Kepalkan jemari tangan anda sehingga adonan keluar dari ujung atas kepalan tangan anda. Sendokkan adonan yang keluar menggunakan sendok basah dan masukkan ke dalam air panas.

Lakukan lagi cara tersebut, kepalkan adonan di dalam kepalan jemari tangan anda, jika adonan yang keluar permukaannya kurang mulus, rapikan dengan punggung sendok yang basah sehingga permukaannya licin. Lakukan hingga bakso tampak memenuhi permukaan panci. Diamkan bakso selama 5 menit di air panas.

Hidupkan kompor, gunakan api yang sangat kecil, jaga jangan sampai air menjadi mendidih dan meletup. Kita akan merebus bakso secara perlahan di api yang kecil, cara ini akan membuat bakso menjadi elastis. Selama bakso direbus, jika masih ada sisa adonan daging, maka adonan ini harus disimpan di dalam freezer.

Jika bakso mulai mengapung di permukaan air, biarkan selama beberapa saat untuk memastikan bakso benar-benar matang. Test kematangan bakso dengan mengambil satu buah bakso dan membelahnya, jika bagian dalamnya masih berwarna pink, rebus kembali beberapa saat.

Siapkan mangkuk/baskom besar berisi es. Ambil bakso yang telah matang, masukkan ke dalam air es dan biarkan hingga dingin. Jika bakso telah dingin, gunakan sesuai keperluan atau bekukan di freezer.

Selamat mencoba ya ^_^

Jumat, 03 Oktober 2014

Double Stik Coomel

Resep dari sajian sedap 

Double Stik Coomel.
Zuma Zuma
Separator
84 Like
BAHAN - BAHAN
Cookies:
300 gr Terigu (saya pakai gff 30gr + tepung 270gr).
250 gr Blue Band Cake & Cookie.
75 gr Gula halus.
25 gr Maizena.
50 gr Susu bubuk.
1 btr Kuning telur.
Pewarna makanan ungu (saya pakai orange).

Karamel:
150 ml Air.
100 gr Gula putih. cuka/jeruk nipis.Topping spikel.
CARA MEMBUAT
Cookies :
1. Ayak tepung terigu & susu bubuk dan maizena.
2. Kocok Blue Band dan gula hingga putih, tambahkan kuning telur. Kocok hingga halus.
3. Masukkan campuran tepung lalu aduk rata.
4. Bagi adonan menjadi dua, putih dan yang diberi warna ungu.tutup masing2 dengan plastik lalu masukkan dalam kulkas selama 1 jam supaya mudah dibentuk.
5. Ambil sedikit adonan dan pulung masing2 adonan bentuk memanjang, lalu pelintir hingga rapi dan panggang.
6. Setelah kue matang celupkan kedua ujung kue kedalam karamel lalu taburi toping spikel, dinginkan. Karamel: panaskan 150 ml air dan 100 gr gula putih hingga mengental dan kecoklatan. tambahkan satu tetes cuka