Jumat, 14 Agustus 2015

Sandwich Telor Keju

Baru kali ini zaujy req dibuatin sandwich jadi ya langsung eksekusi deh.. Biasnya zaujy gak demen dengan namanya mayonaise tapi kali ini beliaunya suka ^^ Alhamdulillah hehehe sempet tanya juga sih, mau pakai mayonaise atau yoghurt. Tapi kalau yoghurt saya terpaksa beli di supermarket dulu :) well mayonaise it's ok jadi tanpa perlu ke supermarket deh hanya tinggal beli roti tawar di Cit*a saja. Karena si kecil masih belum bisa makan pedas tapi sudah bisa menerima bubuk merica jadi untuk saosnya pakai saos tomat biasa.
Langsung saja ya!

Bahan:
6 lembar roti tawar
3sdm mayonaise
2sdm saos tomat
1/4sdt merica bubuk
Garam secukupnya (optional) kebetulan saya juga lupa gak kasih
Margarin secukupnya
3butir telor ayam kampung
3lembar keju
5lembar selada
3irisan tipis tomat
4irisan tipis bawang bombay
Plastik segitiga

Cara membuat:
Campur jadi satu mayonaise, saos tomat, merica & garam aduk rata masukkan plastik segitiga dan sisihkan

Kocok telor dan goreng satu persatu, bisa juga langsung dikocok semua kemudian di goreng dijadikan 3.

Bakar roti menggunakan margarin, sampai mengkilat dan berubah warna, kemudian ambil satu lembar roti beri sayuran selada, bawang bombay, tomat beri saos kemudian tambahkan telor beri saos dan tambahkan keju beri saos lagi. Setelah ini bisa ditambah dengan sayuran selada lagi atau langsung ditutup dengan roti.
Hmm nyummy!

Kamis, 13 Agustus 2015

Ice Cream Chocochips

Lagi pingin banget buat ice cream, sengaja cari dari resep mbak Endang JTT karena selain blognya keren juga memang recommended buat saya. Sayang dari membuat creamnya memakai dari resep chef Juna yang biasanya untuk cake jadi ada gula pasirnya jadi ice creamnya agak kemanisan dikit. Maklum karena newbie, biasanya resep creamnya itu saya buat untuk kue tart^_^. Karena menurut mba Endang yang tanpa gula pasir sudah manis bisa di bayangin deh punya saya hehehe..it's okay, kalau pas ke supermarket beli strawberry aja deh biar asam manis. Untuk resep saya modif sesuai dengan stok yang saya punya :)

Langsung aja ya!
 Bahan:
- 300 ml cream kental
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 1 sendok teh vanila ekstrak
- 1/2 sendok makan air jeruk lemon
- 100gr chocochips

Cara membuat:
Siapkan mangkuk mikser, masukkan krim kental. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga krim menjadi kaku dan membentuk puncak yang lembut. Masukkan susu kental manis, air jeruk lemon dan vanila ekstrak, kocok hingga agak kaku (kondisi krim tidak sekaku sebelum di tambahkan susu kental manis dan vanilla ya, jadi jangan mengocok krim terlalu lama karena berdasarkan pengalaman seorang teman krim justru menjadi pecah dan terpisah antara lemak dan air). Jadi kalau krim telah terlihat mengeras dan tercampur baik segera matikan mikser.

Siapkan wadah dengan tutup yang rapat dan cukup untuk menampung ice cream. Tuangkan krim kocok ke dalamnya. Taruh chocochips di atas permukaan krim, kemudian dengan menggunakan spatula atau sendok aduk adonan dengan gerakan berputar di antara krim. Jangan mengaduknya terlalu kuat atau terlalu lama hingga mangga tercampur rata dengan krim sehingga tidak ada alur motif yang tercipta. 

Tutup wadah rapat-rapat dan masukkan ke freezer hingga beku. Jika es krim telah membeku sempurna, keruk dengan sendok ice cream dan taruh di gelas saji atau ice cream cone. It's so yummy!

Ayam Bakar Madu Kecap

Sebenarnya ini adalah menu dari semur ayam tapi kalau di hari yang sama dengan menu yang sama biasanya suka bosan. Jadi untuk mengantisipasi ini meskipun sama-sama ayamnya maka untuk memberi kesan berbeda saya bakar menggunakan double pan, saya tambahi kecap dan madu hmm...rasanya super nyummy!!
Untuk sambalnya mudah saja, hanya 1 buah cabe diiris diberi sedikit kecap manis dan bawang merah iris-iris campur jadi satu. Zaujy demen bangeet^^

Kamis, 06 Agustus 2015

Semur Ayam

Untuk memasak hari ini agak molor karena si kecil lagi rewel, jadi menu yang mau buat sarapan si kecil jadi kandas, alhasil si kecil makan dengan dadar jagung atau bakwan jagung saja. Tapi setelah mengantar sikecil akhirnya jadi juga si semur ayamnya. Alhamdulillah..

Bahan

  • 500 gram (kira-kira 1/2 ekor) ayam, potong menjadi 6 bagian, goreng sebentar hingga setengah matang
  • 300 gram (kira-kira 3 buah) kentang, potong agak besar, goreng hingga matang
  • 1000 ml (1 liter) air
  • 100 ml Kecap Manis Bango (kira-kira setengah gelas minum kecil)
  • 1 bungkus kaldu ayam Royco
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 butir pala, diparut halus
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk
  • 2 sendok makan bawang merah goreng
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1 batang serai, dimemarkan

Bumbu halus

  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 cm jahe

Cara memasak

  • Tumis bumbu halus bersama serai sampai harum.
  • Masukkan ayam, masak hingga menyatu dengan bumbu.
  • Tambahkan kentang, Kecap Manis Bango, air, Royco, garam, gula, lada dan pala, masak dengan api kecil hingga air agak mengental.
  • Tambahkan bawang merah goreng, aduk, masak sebentar lalu angkat dan sajikan.

Untuk 4 porsi

Sumber http://www.bango.co.id/resep/details/18/semur-ayam/