Kamis, 23 April 2015

Custard Hot Cross Bun

Sebenernya sikecil minta donat lagi tapi baru beberapa hari buat donat mau buat lagi :D ya ganti menulah hehehe, kebetulan kemarin jalan di blognya bu Endang JTT tertarik dengan resep rotinya. Tapi karena buatnya sudah malam jadi di oven trus tidur jadinya agak kecoklatan tapi setelah dimakan rasanya enak, mungkin kalau oven mati langsung dikeluarkan trus di dinginkan beda lagi, bisa jadi rotinya tambah enak :D

Custard Hot Cross Bun
Resep diadaptasikan dari Blog Carol Easy Life - Hot Cross Bun

Bahan:
- 300 gram tepung terigu protein tinggi atau tepung terigu protein sedang/serba guna
- 1/4 sendok teh kayu manis bubuk
- 1/2 sendok teh ragi instan
- 20 gram gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 140 gram kentang rebus yang dihaluskan, setara dengan 1 butir kentang ukuran sedang (saya pakai 80gr)
- 15 gram selai marmalade, saya tidak pakai
- 1 butir telur
- 50 - 100 ml susu cair
- 30 gram mentega atau margarine
- 50 gram kismis, saya tidak pakai

Untuk adonan custard:
- 1 butir telur
- 20 gram gula pasir
- 130 gram susu cair
- 10 gram tepung terigu serba guna
- 5 gram mentega

Olesan roti:
susu cair secukupnya atau larutkan 1/2 sendok makan susu bubuk dengan 1 sendok makan air

Cara membuat:
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, kayu manis bubuk, ragi instan dan gula pasir, aduk rata. Tambahkan garam, aduk rata. Tambahkan telur, kentang rebus, dan selai marmalade. Aduk dan uleni semua bahan dengan tangan hingga tercampur rata. Tambahkan setengah bagian susu cair, aduk hingga menjadi gumpalan adonan yang kasar.
Siapkan meja datar, taburi tepung di permukaan meja, tuangkan adonan roti ke atas permukaan tepung. Uleni adonan dengan tangan hingga menjadi adonan yang kalis, tandanya adonan menjadi smooth, tidak lengket di tangan dan terasa lembut.  Jika adonan terlalu keras tambahkan susu cair sedikit demi sedikit.

Tambahkan mentega, aduk dan uleni hingga semua bahan tercampur baik dan adonan menjadi terasa lembut dan tidak lengket lagi. Jika anda menggunakan kismis maka tambahkan kismis pada tahapan ini.
Bulatkan adonan dan pipihkan. Bagi adonan menjadi 8 bagian, kemudian dari masing-masing bagian bagi menjadi 2, sehingga anda mendapatkan 16 bagian adonan.
Letakkan sepotong adonan di telapak tangan, bulatkan dengan mendorong pinggir adonan ke bagian tengah dengan menggunakan ujung jari. Balikkan adonan, tata di loyang secara berdempetan. Lakukan hingga semua adonan habis. Tutup permukaan loyang berisi adonan dengan kain bersih dan istirahatkan selama 1 jam agar adonan mengalami proses fermentasi dan mengembang menjadi 2 kali lipat dari ukuran semula.

Selama menunggu adonan difermentasikan kita buat dulu adonan custardnya.
Siapkan mangkuk, masukkan telur dan gula pasir, aduk rata dengan spatula balon.  Sisihkan.

Dalam mangkuk terpisah masukkan tepung terigu, encerkan dengan sedikit susu cair, aduk rata hingga larut. Baru masukkan sisa susu. Aduk rata. Tuangkan larutan tepung dan susu ke dalam mangkuk berisi telur dan gula, aduk hingga rata. Saring adonan dan tuangkan ke panci kecil.
Masak adonan custard di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga adonan mengental. Angkat, masukkan mentega dan aduk hingga mentega mencair dan tercampur dengan adonan. Biarkan adonan menjadi setengah dingin, tuangkan custard ke plastik segitiga. Ikat ujungnya dan sisihkan.

15 menit sebelum adonan roti dipanggang, panaskan oven, set disuhu 170'C. Gunakan api atas bawah.
Olesi permukaan roti dengan susu cair. Semprotkan custard ke permukaan roti dengan bentuk menyilang (cross). Panggang roti selama 35 - 40 menit atau hingga permukaannya tampak kecoklatan. Jika anda hanya menggunakan oven dengan api bawah saja maka permukaan roti mungkin tidak akan terlalu pucat, jangan menambah waktu memanggang atau roti akan menjadi kering dan keras.

Keluarkan dari oven, diamkan hingga uap panas hilang. Dinginkan roti di rak kawat dan siap disantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar